Website adalah Kunci Sukses Bisnis Online

Website adalah Kunci Sukses Bisnis Online

Website adalah Kunci Sukses Bisnis Online

Alasan-alasan Memiliki Website adalah..

Salah satunya adalah dengan memiliki website. Kenapa website? Sama halnya dengan berjualan di dunia nyata, berjualan di internet juga memerlukan sebuah toko. Website ini yang akan berfungsi sebagai toko bagi para pemilik bisnis online. Website berguna untuk menghimpun informasi bisnis online Anda mulai dari harga produk hingga cara pembayaran.

Agar website Anda dapat diakses oleh banyak orang secara online, Anda membutuhkan web hosting.

Sederhananya, hubungan antara website dan web hosting ini adalah seperti toko dan pusat perbelanjaan atau mall. Agar Anda dapat berjualan di toko, Anda harus membayar sewa kepada pemilik mall atau pusat perbelanjaan tersebut.

Sama halnya dengan website. Agar tetap dapat dipakai terus menerus, sebuah website harus menyewa layanan web hosting agar website dapat diakses oleh orang banyak secara online.

Kembali lagi ke pembahasan tentang website. Kami merangkum 20 alasan kenapa website adalah kunci sukses bisnis online. Ada banyak cara agar bisnis online Anda semakin sukses, dan website adalah salah satunya. Kenapa memiliki website ini begitu penting bagi pemilik bisnis online? Berikut alasan-alasannya:

Pelanggan Anda Menginginkannya!

Enam dari sepuluh konsumen lebih menyukai produk yang memiliki website resmi. Dan lebih dari 50% konsumen yang mencari produk secara online langsung mengklik website resmi produk yang mereka inginkan. Jika Anda memiliki website, konsumen akan dengan mudah memeriksa produk dari spesifikasi, harga, hingga cara pengiriman.

Anda yang Mengontrol Kontennya

Jika Anda memiliki website sendiri, Andalah yang menjadi komandan untuk mengontrol segala sesuatu yang ditampilkan untuk mengenalkan produk Anda. Hal ini tentunya lebih efisien daripada Anda menitipkan produk Anda di situs jual beli online, misalnya.

Kalaupun Anda juga menitipkan produk Anda di situs belanja online, website Anda bisa menjadi rujukan jika ada perbedaan informasi produk di situs lain. Jadi konsumen tidak lagi kebingungan karena sudah ada pusat informasi resmi untuk produk Anda.

Anda dapat Berhemat

Berhemat? Lho, kok berhemat? Bukannya kita harus mengeluarkan biaya untuk membeli web hosting? Memang Anda harus mengeluarkan biaya untuk membeli web hosting, tapi biaya yang Anda keluarkan setara dengan yang Anda dapatkan, yaitu eksposur yang Anda dapatkan di internet. Dengan memiliki website mandiri Anda secara tidak langsung juga berinvestasi jangka panjang membangun “toko” di dunia maya.

Brosur Online

Di dunia bisnis konvensional seringkali menggunakan metode membagikan kertas brosur kepada orang-orang yang lewat. Di dunia maya Anda juga dapat melakukannya, salah satunya adalah dengan memanfaatkan website. Website berisi seluruh informasi mengenai produk Anda dan Anda akan membagikannya di hasil pencarian Google ataupun media sosial populer.

Tidak Harus Ahli Coding dan Kemampuan Teknis Lainnya

Apakah orang yang memiliki website harus jago coding? Jawabannya adalah tidak selalu. Memang dulu kebanyakan website hanya dikuasai oleh orang-orang yang jago coding dan hal teknis yang berkaitan. Namun, dengan perkembangan teknologi yang pesat, website juga dapat dimiliki orang awam. [ecko_alert color=”gray”]Penyedia layanan web hosting pun menyediakan technical support untuk membantu pelanggannya menyelesaikan permasalahan web hosting para pelanggannya.[/ecko_alert]

Kompetitor Anda juga Memiliki Website

Tentunya Anda ingin selalu menjadi produk pertama yang dicari oleh pelanggan dibanding produk dari perusahaan lain. Apa yang terjadi jika perusahaan kompetitor Anda memiliki website dan perusahaan Anda tidak? Sudah dipastikan bisnis online Anda akan terengah-engah melawan bisnis online yang memiliki website.

Ketika pelanggan mencari produk dengan spesifikasi yang sama tentunya produk yang memiliki website akan menduduki peringkat hasil pencarian yang lebih tinggi dibanding yang tidak. Tentunya Anda tidak menginginkan hal ini terjadi kalau Anda ingin meningkatkan jumlah penjualan yang lebih tinggi.

Bisnis Anda Selalu Buka 24 Jam

Salah satu kelebihan dari bisnis online dibanding bisnis konvensional adalah kemungkinannya untuk selalu buka 24 jam. Tidak semua orang bisa berbelanja di siang hari, ada beberapa orang yang baru bisa meluangkan waktu untuk belanja di malam hari atau bahkan dini hari. Anda harus memilih penyedia web hosting terbaik dengan cermat yang dapat menjamin server uptime 99,99% sehingga pelanggan selalu bisa mengakses toko online Anda setiap saat.

Berguna untuk Karyawan Anda

Bagaimana website perusahaan bisa berguna untuk karyawan Anda? Anda bisa membuat orphan page (laman yang tidak muncul di website kecuali melalui direct link tertentu) yang berisi materi-materi instruksi atau dokumen internal yang perlu diketahui oleh karyawan. Karyawan Anda hanya perlu mengakses link tersebut dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Bisnis Anda akan Muncul di Hasil Pencarian Google

Alasan ini yang paling penting, yaitu muncul di hasil pencarian Google. Sebelum melakukan pembelian produk atau jasa secara online, konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu tentang produk yang akan dibelinya. Hal ini sangatlah dimaklumi karena konsumen tidak dapat melihat atau memeriksanya secara langsung.

Salah satu cara yang dapat dilakukan konsumen untuk memeriksa produk yang akan dibelinya adalah dengan mencarinya di Google. Dan angka pelanggan bisnis online yang melakukan riset online sebelum pembelian tidaklah kecil, yaitu sebanyak 81 persen. Tentunya Anda tidak mau melewatkan kesempatan besar agar produk Anda ditemukan calon pelanggan melalui hasil pencarian.

Etalase untuk Produk dan Jasa Anda

Salah satu kegunaan dari website adalah untuk menjajakan dagangan Anda dengan leluasa. Anda bebas mengatur seperti apa etalase sesuai yang Anda inginkan. Seperti fungsi etalase di dunia nyata, etalase yang Anda buat di website ini akan memudahkan pelanggan untuk melihat dan memilih produk yang diinginkan.

Lebih Mudah untuk Mencoba Ide-Ide Baru

Adalah hal yang riskan merilis produk baru tanpa riset konsumen terlebih dahulu. Website adalah soslusi Anda untuk merilis ide-ide baru atau ide yang masih dalam tahap percobaan. Ide percobaan ini bisa Anda rilis sementara di website Anda dan Anda akan mendapatkan respon dari pelanggan. Respon dari pelanggan ini dapat dijadikan masukan untuk produk perusahaan yang lebih baik.

Menjalankan Bisnis dengan Cara Anda Sendiri

Ketika Anda menjual produk Anda di toko orang lain Anda tentu harus mengikuti aturan main pemiliknya. Misalnya, Anda menjual produk Anda di sebuah situs belanja online Anda harus tunduk pada ketentuan yang berlaku di situs tersebut dari mulai penentuan harga hingga cara pengiriman.

Dan terkadang Anda mungkin tidak setuju dengan satu atau beberapa ketentuan. Berbeda jika Anda memiliki website sendiri, seluruh ketentuan yang berlaku di toko Anda adalah sesuai dengan gaya bisnis Anda. Jika gaya bisnis online Anda unik dan efektif, kepuasan pelanggan juga akan ikut meningkat.

Menjadi Trend-Setter

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, jika gaya bisnis online di website Anda unik dan efektif, kepuasan pelanggan akan meningkat. Selain itu, dengan gaya bisnis online yang unik dan efektif tersebut Anda juga otomatis menjadi trend setter di kalangan pebisnis online itu sendiri. Dan website adalah media paling tepat untuk memamerkan gaya bisnis online Anda.

Pemilik bisnis online lain akan menjadikan gaya bisnis online Anda sebagai acuan dan menerapkannya di bisnis online-nya sendiri. [ecko_alert color=”gray”]Semakin banyak yang mengakui keunikan dan efektivitas bisnis online Anda, semakin baik juga citra perusahaan. Citra perusahaan tidak hanya baik di mata pelanggan, tetapi juga pemilik bisnis online lain dan pengamat.[/ecko_alert]

Miliki Email dengan Domain Anda Sendiri!

Dengan memiliki sebuah website Anda juga dapat memiliki email dengan domain website. Jadi alamat email Anda tidak lagi menggunakan nama domain gratis. Selain terlihat profesional, dengan menggunakan email domain perusahaan, kredibilitas Anda juga meningkat di mata pelanggan.

Fitur ini juga memudahkan konsumen memilah sumber informasi yang benar jika terjadi kasus penipuan karena perusahaan Anda telah memiliki email domain perusahaan. Jadi selain email dengan domain tersebut bukan email resmi perusahaan.

Menyediakan Customer Support

Anda dapat mengurangi biaya untuk customer support dengan menyediakan tiket bantuan di website Anda. Anda juga dapat menyediakan Frequently Asked Questions (FAQ) agar pelanggan yang menanyakan hal-hal yang sama bisa dirujuk ke laman FAQ tersebut. Selain itu, fitur ini juga memudahkan pelanggan karena mereka hanya perlu membuka laman customer support di website Anda dan memilih layanan bantuan mana yang mereka inginkan.

Media untuk Menerbitkan Press Release

Perusahaan Anda memerlukan eksposur media sebagai salah satu cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Website adalah salah satu media Anda untuk menerbitkan press release yang berisi berita kegiatan perusahaan, update produk, event perusahaan, ataupun artikel-artikel yang berkaitan dengan produk Anda. Jadi perusahaan Anda akan selalu terlihat aktif di mata pelanggan.

Di era bisnis online yang menjamur ini, memiliki sebuah website bukan lagi menjadi hal mewah. Membangun website untuk bisnis online menjadi kebutuhan primer untuk tipe bisnis apapun.

Jika Anda masih ingin tetap bertahan di dunia bisnis online, salah satu cara efektif untuk memenangkan persaingan adalah dengan Membuat website berkualitas dan memercayakan web hosting-nya kepada perusahaan yang tepat juga.

Setelah Anda mengetahui alasan-alasan kenapa website ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis online, kini saatnya bagi Anda untuk menentukan penyedia layanan web hosting mana yang akan Anda gunakan.

Bagaimana cara memilih web hosting yang baik untuk website Anda? Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih web hosting. Anda dapat mempelajari selengkapnya di artikel Cara Memilih Web Hosting Terbaik.

Biasanya penyedia layanan web hosting memberikan berbagai paket layanan yang bisa dipilih oleh pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *