Pentingnya Optimasi Sosial media dan SEO Toko online

SEO Toko Online

SEO Toko online. Jika Anda mempunyai situs atau toko online (baik itu dengan sistem dropship ataupun stok barang) tetapi masih belum menggunakan SEO (Optimisasi Mesin Pencari), berikut yaitu 5 alasan kenapa Anda semestinya menggunakan SEO untuk situs atau toko online Anda untuk meningkatkan visibilitas situs anda di mesin pencari populer (cth. Google, Yahoo, Bing dst):

1. Semakin Banyak Orang Bisa Mencari Suatu Produk/ Jasa Memakai Google

Menurut data bulan Desember 2014, pengguna dunia maya di Indonesia mencapai 75 juta. Pada tahun 2017, diperkirakan pengguna Maya dapat mencapai sampai 90 juta jiwa. Semakin banyak pengguna dunia maya, karenanya akan kian banyak pula orang yang menggunakan mesin pencari dalam mencari suatu produk atau jasa.

Jadi, apabila situs Anda tak menggunakan SEO, karenanya Anda akan kehilangan banyak calon pelanggan potensial dari dunia maya dan akan memakan lebih banyak tarif untuk promosi situs/ toko online Anda.

2. Orang yang Search melewati Google Umumnya Sedang Membutuhkan Barang dan Siap Beli

Tiap-tiap pakar pemasaran akan setuju bahwa prospek yang paling potensial yaitu calon pembeli yang sedang urgent dan siap beli, artinya: kemungkinan terjadinya deal akan kian besar.

3. Relatif Low-Cost Melainkan Amat Sasaran

SEO relatif lebih murah apabila dibandingi dengan channel pemasaran seperti pameran (exhibition), iklan media cetak, iklan di media elektronik, dan channel pemasaran konvensional lainnya.

4. Calon Pelanggan yang Mencari Anda, Bukan Sebaliknya

Disini SEO berperan membuat ranking situs Anda naik sampai halaman 1 Google untuk keyword-keyword yang memang banyak dicari dan relevan dengan produk/ jasa Anda. Dengan demikian, Anda akan mudah ditemukan oleh potential buyers dari dunia maya.

5. Saingan Anda Sudah Menjalankan SEO

Saingan Anda telah melaksanakannya, misal Anda mencari produk atau jasa yang sama dengan produk yang Anda jual, apabila kemungkinan besar situs Anda tak timbul di mesin-mesin pencari tetapi situs competitor Anda yang ada. Apakah Anda akan tinggal diam saja dan membolehkan pelanggan potensial Anda memilih saingan Anda daripada Anda?

Tapi sebelumnya apakah anda sudah tahu apa itu SEO

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?

SEO yaitu teknik menaikkan sebuah ranking situs Anda sampai dengan halaman 1 mesin pencari (Google, Yahoo dan Bing) untuk keyword yang kita targetkan.

Lalu, Apa Itu Keyword?

Keyword yaitu kata yang diketikan kedalam Google Search ketika kita mencari sesuatu berita di mesin pencari (Google, Yahoo dan Bing).

Jika Anda mau meng-SEO situs Anda, yang semestinya Anda lakukan pertama kali yaitu mengetahui terutama dulu keyword apa yang mau Anda targetkan, sehingga ketika ada orang yang mengetikkan keyword hal yang demikian situs Anda dapat timbul di halaman pertama mesin pencari.

Mengapa SEO Itu Penting Bagi Bisnis Anda?

Dunia Online (Maya) sekarang ada sebanyak 90% orang menggunakan Google Search untuk mencari produk, jasa, ataupun berita yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, sangatlah penting sekali bagi situs Anda untuk timbul di halaman pertama Google Search ketika ada yang mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan, karena kebanyakan orang cuma mencari sampai dengan halaman pertama.

Umumnya orang yang mencari produk, jasa menggunakan Google Search itu yaitu mereka yang sedang butuh, sehingga kesempatan Anda untuk dapat mendapatkan calon pembeli potensial kian besar.

Web lain yang dapat Anda dapatkan dari SEO yaitu Anda tak perlu repot-repot mencari pelanggan, tetapi pelanggan-lah yang mencari Anda. Web Anda dapat menjadi sales-machine yang berkerja 7 x 24 jam, malahan ketika Anda sedang tidur.

Sebagian prinsipal SEO yang banyak dilupakan para Maya Marketer, yang kemungkinan dikarenakan terlalu terpaku terhadap algoritma spider mesin pencari sehingga melupakan hal yang menjadi dasar utama SEO terutama dalam campaign SEO yang mengutamakan metode White Hat yaitu User Experience, dalam menghadapi spider yang meng-crawl situs anda, jangan lupakan bahwa :

  1. Tiap-tiap perangkat software SEO yang baik akan membuat performa Optimisasi Mesin Pencari menjadi lebih efisien.
  2. Menulis dan menerbitkan konten yang berkwalitas akan mempermudah spider dalam men-crawl situs anda.
  3. Jangan tepaku akan algoritma mesin pencari, khususkan tulisan anda untuk user dan visitor yang membaca tulisan yang anda terbitkan.

Tiap-tiap harinya jutaan orang mencari produk dan jasa yang mereka butuhkan, dengan bermacam alternatif situs yang timbul pada mesin pencari lalu mereka membuat keputusan untuk mengklik atau melewati situs anda.

Figur situs Anda melewati online melewati Adwords dapat membantu situs Anda nampak oleh banyak pelanggan potensial yang nantinya akan menjadi pelanggan produk /  jasa yang Anda tawarkan.

Ada 5 unsur yang akan membuat pemasaran situs Anda sukses.

1. Struktur Akun Google Adwords Anda
Pastikan keywords Anda terbagi menjadi klasifikasi /  tema, kemudian membuat iklan / ads layak dengan tema dan klasifikasi yang ada, karena itu akan membuat iklan / ads Anda lebih jelas.

Semakin Anda memasarkan sepatu perempuan dan laki-laki, karenanya disini keyword Anda ada 2 yaitu sepatu perempuan dan sepatu laki-laki. Semakin spesifik keyword yang Anda targetkan kian mudah bagi customer menemukan situs Anda.

2. Pilih Kata Kunci Bisa Web
Keyword yaitu kata singkat yang relevan dan terkait dengan produk / jasa yang dicari oleh customer melewati search engine seperti google search, yahoo, bing, dan lainnya. Dengan keywords yang pas karenanya dengan mudah customer lebih mudah dalam menemukan situs Anda.

3. Visualisasi Iklan Bisa Menarik
Bagaimana metode membuat iklan situs yang nantinya akan menarik minat customer mengklik situs Anda? Iklan yang baik yaitu iklan yang berisi solusi atas persoalan atau produk yang sedang dicari customer. Kekeliruan juga berisikan promosi, discount dan suatu ajakan untuk berbelanja produk / jasa yang Anda jual.

4. Pilih Halaman Utama Web Anda
Kekeliruan customer mengklik iklan Anda, ke halaman situs manakah mereka dituju? Jika ini amat menentukan berapa lama customer akan bertahan di situs anda, figur : produk yang anda jual yaitu sepatu nike original, didalam iklan Anda menuliskan kata Discount 50% all item.

Lalu kemudian customer berminat untuk membeli produk Anda dan mengklik iklan Anda yang kemudian akan didirect ke situs Anda. Disini halaman situs yang pertama kali nampak oleh customer sangatlah penting, apabila halaman yang di alihkan pertama kali tak layak dengan isi iklan yang ada karenanya calon pembeli akan kecewa dan menutup situs hal yang demikian karena tak relevan dengan yang sedang mereka cari.

5. Tentukan Siapa Calon Pembeli Anda
Login akun google Anda dan Anda dapat mengamati berapa banyak orang yang mengunjungi situs Anda, apakah mereka pria atau wanita. Dengan google analytic Anda dapat mengamati seberapa lama customer mengunjungi situs Anda, apakah mereka membeli produk / jasa yang Anda tawarkan.

Dalam Google analytic Anda juga akan dikasih berita mengenai keyword manakah yang juga kerap dicari orang yang terkait dengan bisnis Anda dan halaman situs manakah yang paling disukai pengunjung.

Kedua … Bagaimana Optimasi Sosial media untuk tokonline anda, Ambil Contoh Facebook 

Personal Facebook Page
Dalam sosial media, banyak perusahaan yang membuat account Facebook bukan sebagai fanpage brand/ product tetapi dengan account lazim yang semestinya untuk personal.

  1. Interaksi : Interaksi dengan audiens dan calon customers sangatlah penting . banyak perusahaan kurang mengamati hal hal yang demikian. Banyak perusahaan cuma menggunakan komunikasi 1 arah yaitu cuma untuk mempromosikan produk/ jasa mereka.
  2. Isu Market : Banyak perusahaan yang kurang mengamati target pasar yang mereka tuju. Pentingnya spesifikasi target pasar yang benar karenanya produk / jasa yang dipasarkan akan lebih efektif.
  3. Koresponden : Dalam sosial media, ketika ada konsumen yang bertanya melewati pesan atau komentar status, banyak perusahaan yang mengesampingkan komentar-komentar yang masuk sehingga membuat konsumen merasa tak diamati, yang nantinya akan membuat audience menjadi kurang mempedulikan lagi posting status yang di-update di sosial media.

Indonesia mempunyai sempurna 245 Juta jiwa orang, ada sebanyak 55 Juta orang pengguna Maya dan 190 Juta orang tak menggunakan Maya. Dari 55 Juta orang pengguna Maya ada sebanyak 43 Juta orang yaitu pengguna Facebook dan 19,5 Juta orang pengguna Twitter.

Pengguna Maya di Indonesia kian bertumbuh dari tahun ke tahun. Maya Maya amat mudah di akses di zaman sekarang. Banyak resto-resto dan restaurant yang menyediakan fasilitas layanan Maya wifi sekarang, sehingga mempermudah masyarakat untuk mengakses Maya serta Social Media.

Di zaman sekarang orang amat susah sekali untuk terlepas dari Social Media karena dengan Social Media mereka  mudah berinteraksi dengan banyak orang di belahan dunia manapun atau dengan perusahaan.

Indonesia sekarang menempati peringkat keempat pengguna Facebook dan peringkat kelima pengguna twitter di dunia. Sehingga ini yaitu kesempatan baik bagi perusahaan dan usaha-usaha kecil lainya yang mau mempromosikan produk atau jasa mereka melewati Social Media.

Banyak perusahaan telah membuktikan apabila beriklan melewati Social Media seperti Facebook dan Twitter sangatlah efektif, selain lebih murah dari media promosi lainya relasi antara perusahaan dengan pelanggan juga jauh lebih dekat karena Social Media yaitu komunikasi 2 arah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *